President University Entrance Test Experience

Hello! I haven't updated for soooo long.
Anyway, I want to tell you something important IF you're looking forward to apply to President University.

(Kalo mau tau tentang soalnya langsung scroll ke bawah aja, monggo~)

Jadi awal mulanya, gua itu aslinya pengen ikut GaneShout (tau kan, Try Out SBMPTN yang diadain ITB di RP), bahkan gua udah beli tiketnya karena gua pengen banget ikut.
Itu tuh gua beli hari Senin tanggal 6 Jan 2014 atau hampir seminggu sebelum TO.

Nah, besoknya pas gua les, temen gua bilang ada tes masuk di presuniv dan dasar gua pelupa atau apa, dulu ibu gua pernah bilang kalau presuniv sama binus itu selalu ngadain tes masuk (dan beasiswa) setiap Januari dan waktu dikasih tau itu gua pengen ikut. Ternyata hari tes presuniv sama ganeshout sama /cries/ gua sampe mikir berkali-kali mau ikut yang mana (True story). Terus gua tanya ibu gua mending gua ikut yang mana, soalnya tes presuniv itu di bekasi dan pagi banget (jam 8 pagi), tapi ibu gua bilang mending ikut yang presuniv, nah.

Habis gua daftar untuk tes di presuniv (sampe ganti major yang dipengen-in, haha), gua ga ada persiapan sampe akhirnya H-1 gua bingung banget buat ikut yang mana. Bogor ke Bekasi itu lumayan jauh, apalagi di rumah ga ada mobil. Tapi kata bapa gua, lanjut aja. Yasudahlah, ganeshout gua ikhlaskan.

Malemnya, lebih tepatnya D-Day, di pagi buta gua masih belajar setelah nemu pos orang bilang kalo soal tes presuniv itu mirip soal UN. Karena gua ambil Information Technology (I chose Industrial Engineering in the first place, lol) materi yang bakal diujikan itu Bahasa Inggris, Matematika Teknik, Psikotes.

Berhubung gua masih kelas 12 semester 1 (aksel's hardship /sobs/), gua agak sedikit pesimis soalnya saingan gua nanti pasti udah lebih jauh karena mereka aja belajarnya udah sampe mana sedangkan gua baru masuk. Yaudah gua pelajarin buku-buku UN, sampe ngereview pelajaran kelas 10-11 selama 1 jam kurang dan gua pun masih sempet-sempetnya browsing dan ngenet dulu sampe jam 3.30 alias setengah 4 pagi (it was Sunday, I couldn't help it) padahal harus bangun jam 5 pagi, yah gua pikir gua ga niat banget.

Pagi-pagi banget gua bangun dan ga sempet sarapan /cries/ langsung pergi pas lagi hujan deres. Akhirnya gua sampe (setelah nyasar berapa kali dan gua sempet belajar di bis -_-) dengan sepatu penuh lumpur soalnya becek dan tas yang ngegembung gede banget isinya kebutuhan gua sedangkan yang peserta lainnya rapi banget -_- dan kita disuruh masuk kelas.

Ada mas representative-nya ngejelasin soal Presuniv lumayan lama, terus tesnya dimulai (ternyata yang ambil engineering sama IT dikiiiit banget, kebanyakan ambil bisnis manajemen sama HI).

Soalnya bentuk booklet, semuanya pake bahasa inggris. Yang pertama gua kerjain itu Bahasa Inggris. Soalnya kayak soal grammar atau sentence structure di toefl cuma jauh lebih gampang dan ga ngecoh.
Terus gua ngerjain psikotes, agak sedikit ga bisa jawab pertanyaan kayak "ada berapa out di satu inning?" ya mana gua tau soal baseball. Psikotes overall masih bisa dijawab, toh ini tergantung pribadi masing-masing. Yang terakhir gua kerjain itu matematika. Di situ ada 2 jenis matematika, ada matematika bisnis sama matematika teknik. Yang matematika teknik, seinget gua kebanyakan materi kelas 10-11, kelas 12nya ada lumayan, terus ada matriks dan vektor YANG BELUM GUA PELAJARI soalnya di sekolah belum nyampe situ. Yaudah gua kerjain seingetnya kayak ppt yang dikasih Bu Teti (btw, thanks Bu!). Dari 30 soal matematika, cuma 16-18 soal yang gua bener-bener kerjain (termasuk nyobain opsi-nya satu-satu). Sisanya pake perasaan, HAHAHA.
Hampir semuanya udah keluar ruangan, gua masih di dalem ngerjain matematika dan akhirnya gua selesai di 10 menit terakhir dari total waktu 3 jam (gara-gara matematika).

Beberapa hari setelah tes (14 Jan 2014), gua nyari-nyari dan salah klik malah masuk ke page rank 3 (beasiswa kategori 3), padahal jelas-jelas di situ ditulis 'kategori 0' alias hasil tes gua belum keluar. Gua ga enak banget ngasih tau ortu soalnya udah jauh-jauh tes cuma dapet kategori 3. Yaudahlah ga gua kasih tau dulu /smh/ terus tanggal 16 Jan, gua buka lagi dan tiba-tiba ada tulisan 'kategori 1'. Gua masih ga percaya. Terus gua reload siapa tau datanya error, gua reload sampe berapa kali dan ternyata emang itu tulisannya :'D
Dan ortu gua bilang ini harus daftar ulang untuk jaga-jaga buat the worst case nanti soal undangan PTN.



(gua kira gua malah ngga dapet beasiswanya *gara-gara matematika* soalnya peserta lainnya kayaknya lancar banget ngerjain soalnya T_T)

Semoga gua lulus UN dengan nilai terbaik dan masuk PTN yang diinginkan, aamiin.

Ciao!
TIKA.

13 komentar:

Unknown said...

thanks for the the info brah, i am going to take the entrance test this sunday, wish me luck xD

Tika said...

Wah, semoga beruntung! ^_^

Unknown said...

Halo kak! Salam kenal yay. Pagi ini i'm going to take that test dan belum ada persiapan sama sekalo /crying/. Oiya btw kakak jadi ambil pu? Daftar ulangnya yang buat TI itu gratis apa bayar lagi kak? Maksih

Anonymous said...

kak, minggu ini saya mau test PU nih tapi bingung belajarnya darimana soalnya mau masuk jurusan HI ka, saran nya dong ka makasihhhh

Anonymous said...

kak, minggu ini saya mau test PU nih tapi bingung belajarnya darimana soalnya mau masuk jurusan HI ka, saran nya dong ka makasihhhh

Tika said...

Waah, maaf aku jarang buka blog jadinya ga bisa balas komen langsung.
Aku cuma bayar biaya matrikulasi aja waktu itu, dan bisa minta kembali kalau keterima di beberapa ptn (ugm, ui, itb).
Oh ya, aku ambilnya IT jadi aku ngga terlalu tau referensi untuk bahan ujian pelajaran cluster soshum, coba cari-cari tentang business math, harap bisa membantu (walaupun telat, hehe) ^^

Bimbel online said...

Bagi yg mau ikut tes masuk PU dan butuh bimbel untuk bisa dapat beasiswa 1 bisa menghubungi WA 082130090425 see you on top!!!

Unknown said...

Kak, test scholarships PU untuk engineering mathematics itu apa aja materinya waktu itu yang keluar? Buat persiapan ikut test nanti. Thanks

Unknown said...

Kak, mau tanya,beasiswanya harus diambil atau gapapa kalo gak diambil?

Unknown said...

Kak, mau tanya,beasiswanya harus diambil atau gapapa kalo gak diambil?

Tika said...

Untuk Engineering Maths, materinya mirip matematika SMA IPA, belajar soal UN aja cukup sih menurutku.
Untuk beasiswanya, kalo ga diambil gapapa waktu itu, aku gak tau sekarang aturannya gimana. Uang matrikulasi waktu itu bisa kembali asalkan kamu memenuhi aturan yaitu masuk ke salah satu dari itb, ugm atau ui.

Unknown said...

Kalo pu harus fresh dari sma atau boleh yg mahasiswa juga?

Tika said...

Kayaknya mahasiswa juga boleh ikut, karena aku pernah liat ada mahasiswa yang ambil tesnya juga. Aku kurang tau sih syarat dari presuniv sekarang apa, kadang ada yang memberlakukan ijazah yang diterima cuma untuk berapa tahun terakhir.

Post a Comment