PPSMB itu penting!

(Pos ini dibuat untuk melengkapi tugas PRISMA - PPSMB Fakultas Teknik UGM 2014.)

Halo, pos satu ini akan sedikit berbeda dengan pos lainnya karena penulis blog ini akan menulis dengan bahasa formal setelah mempertimbangkan beberapa pilihan dan akhirnya memutuskan ini yang terbaik :')

Pertama-tama, apa itu PPSMB?
PPSMB merupakan singkatan dari “Pelatihan Pembelajar Sukses Bagi Mahasiswa Baru” yang menurut situs resmi PPSMB UGM, ppsmbpalapa.ugm.ac.id, memiliki tujuan untuk mempersiapkan mahasiswa baru menjadi pembelajar yang sukses, unggul, cerdas, dan profesional di bidangnya, serta mampu bersaing dalam percaturan global.


Mahasiswa baru (maba) wajib mengikuti PPSMB. Kenapa? Karena PPSMB sangat penting untuk pengenalan kehidupan kampus atau campus life untuk mahasiswa baru, alias kami-kami yang baru saja lulus dari SMA. Karena tak kenal maka tak sayang.

(Karena PPSMB belum dimulai saat pos ini diturunkan, saya akan menulis berdasarkan pengalaman praPPSMB.)

Setelah beberapa lama mengerjakan tugas PPSMB (yang dikerjakan sebelum minggu PPSMB), saya akhirnya menyadari manfaat dari PPSMB walaupun PPSMB itu sendiri belum dimulai. Pada awalnya saya merasa tugas PPSMB sangat banyak yang sebenarnya porsinya masih pas asal kita punya kemauan untuk menyelesaikannya dan tidak terbawa malas setelah libur yang sangaaat lama. Tugas PPSMB bervariasi, dari tugas individual hingga tugas yang harus dikerjakan bersama-sama sehingga kita pun dilatih untuk team work dan berkomunikasi sehingga tugas bisa selesai tepat waktu.

Secara pribadi, PPSMB juga sangat membantu saya untuk lebih berani dalam menyatakan pendapat di depan orang yang baru saja saya kenal dan 'menendang' saya dari comfort zone sehingga saya bisa mendapatkan pengalaman baru yang tentunya akan bermanfaat nanti.

Mbak dan Mas pemandu juga sepertinya sudah menyiapkan surprise lainnya di PPSMB yang akan dimulai pada Senin, 18 Agustus 2014. Tidak ada perploncoan yang biasanya diberitakan di media massa pada masa ospek perguruan tinggi, kakak pemandu sangat membantu adik kelasnya dalam menyelesaikan tugas, memberitahu info atau pun mengenalkan lingkungan kampus baik sebelum masa PPSMB dan (semoga) selama masa PPSMB atau pun sesudahnya *grins*

Saya sendiri sangat penasaran dengan PPSMB itu sendiri karena "pra-nya aja udah bantu gua banget buat jadi lebih baik" apalagi setelah masa PPSMB berakhir. Semoga PPSMB 2014 akan berjalan dengan lancar dan baik sesuai apa yang semua pihak harapkan, aamiin.

Tika
17/08/2014, 23:19
My first post after being away from home.

0 komentar:

Post a Comment